Rabu, 13 November 2013

Performa kreativitas pribadi :

Nah, selanjutnya saya akan mengaitkan performa ini dengan teori yang telah saya pelajari di kelas kreativitas, yaitu teori 4P. Berikut adalah penjabarannya..

1.    Person
            Berdasarkan aspek ini, kreativitas merupakan ungkapan dari keunikan individu dalam interaksi dengan lingkungannya. Ungkapan kreatif inilah yang mencerminkan originalitas dari masing-masing individu. Saya akan menjelaskan hal ini dan dikaitkan dengan teori 4P, di mana saya akan menjelaskan “apa, bagaimana, siapa, dll yang dianggap sebagai pribadi kreatif.” Orang yang saya bicarakan pada bagian person ini adalah diri saya sendiri.  Hal itulah yang saya rasakan ketika saya membuat asbak rokok ini. Walaupun saya tau asbak rokok yang saya buat tidaklah seberapa, namun saya lebih mementingkan rasa puas dan kelegaan yang saya rasakan ketika melihat hasil kretivitas saya sendiri.
2.    Press
            Jika dikaitkan dengan aspek ini -di mana pada aspek ini menyatakan bahwa seseorang akan menghasilkan suatu produk kreativitas karena adanya dorongan yang berasal dari diri (motivasi intrinsik) dan dorongan yang berasal dari luar, seperti lingkungan, keluarga, sekolah, dll- saya merasa bahwa dorongan (press) yang lebih berpengaruh terhadap perkembangan kreativitas adalah dorongan yang berasal dari dalam diri saya.
3.    Process
            Aspek ketiga ini menyatakan bahwa anak dapat mengembangkan kreativitas jika diberikan kebebasan untuk mengekspresikan dirinya secara kreatif dan diberikan waktu untuk bersibuk diri secara kreatif. Dalam aspek ini, berdasarkan pengalaman saya, saya merasa baik keluarga maupun sekolah, sama-sama memberikan waktu luang untuk saya agar saya dapat membuat apa yang saya mau asalkan itu berbentuk mendidik.
4.    Product
            Dan aspek yang terakhir ini adalah aspek yang menyatakan bahwa kondisi anak yang memungkinkan untuk menghasilkan produk yang kreatif adalah kondisi dimana adanya dukungan yang berasal dari luar dan juga diperlukan adanya motivasi yang berasal dari individu tersebut.

6 komentar:

  1. Ikhwan, asbak rokoknya bagus :)

    Namun, saya belum tau, asbaknya terbuat dari apa yaa? mungkin bisa diberitahu apa saja bahan yang digunakan dan bagaimana proses pembuatan asbak tersebut?

    BalasHapus
  2. Itu Asbak yaah?? dari apa buatnya??
    sama kayak mutia, tlg di jelasin apa bahnnya..

    BalasHapus
  3. Itu keknya asbak dari batok kelapa ya? Coba jelasin dlu bro cara bikinnya atau yang bikin asbak itu unik dibandingkan asbak lain gtu.. makasih

    BalasHapus
  4. heheh,
    ini asbak nya saya buat dari tempurung kelapa bekas yg sudah di bersih kan yah teman',
    proses pembuatan nya gak rumit kok,
    :)

    BalasHapus
  5. ini apa?
    bisa dijelaskan sekalian teori nya ya ?

    BalasHapus
  6. Wahh artikelnya bagus dan bermanfaat banget nih
    Kunjungi juga www.smartkiosku.com atau www.serbamultimedia.com

    BalasHapus